Sunday, May 08, 2016

Inilah Awal dari Matematika (Tahukah Kamu?)

Tahukah kamu bahwa di dalam Museum Ashmolean di Oxford, Inggris terdapat sebuah tongkat kebesaran kerajaan Mesir yang berisi sebuah catatan tentang 120.000 tawanan perang dan harta rampasan yang terdiri atas 400.000 lembu jantan dan 1.422.000 kam-bing? Catatan yang berasal dari tahun 3.400 SM ini me-nunjukkan bahwa pada zaman dahulu, orang telah belajar menulis angka-angka besar. Tentu saja, permulaan penggunaan angka telah jauh sebelum bangsa Mesir menggunakannya.

Inilah Awal dari Matematika (Tahukah Kamu?)


Orang primitif yang hidup di gua-gua tentu tidak memerlukan banyak hal tentang matematika (ilmu berhitung) untuk tetap dapat hidup dan melestarikan ketu-runannya karena semua kebutuhan hidupnya telah terpenuhi dari alam di sekitarnya. Tetapi, bila orang mulai mengumpulkan hewan menjadi kawanan ternak atau satu keluarga mulai melakukan hubungan sosial dengan keluarga yang lain, maka mereka perlu memutus-kan “berapa yang menjadi milik seseorang dan berapa yang menjadi milik tetangga”.

Untuk memenuhi kebu-tuhan tersebut, pada mulanya sudah cukup bila dipergunakan suatu konsep seperti sedikit, beberapa, atau banyak, namun lama-kelamaan perlu juga bagi mereka memiliki sarana yang pasti untuk menentukan “berapa banyak”. Nah, dari situlah, orang mulai belajar menghitung dan inilah awal dari Matematika.

(ref: Ilmu Pengetahuan Populer 2)
Beri Komentar

0 comments