Thursday, September 08, 2016

Kenapa Air Liur Tidak Dapat Menghilangkan Rasa Haus?

Pernahkah Anda merasa sangat haus, namun tidak ada air di sekitar? Ketika sedang mengalami hal tersebut, biasanya Anda akan menelan ludah. Namun sayangnya, air ludah Anda tidak bisa menghilangkan dahaga, mengapa demikian?

Menurut penjelasan Len Horovitz, seorang internis dari New York, air liur memiliki komponen yang sangat berbeda dengan air. "Pertama-tama, mari berpikir tentang apa itu air liur. Ini adalah cairan yang sangat pekat yang memiliki protein dan enzim. Ini jauh lebih pekat dari air," jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa air liur memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dibanding cairan tubuh. Dengan kata lain, air ludah bersifat sangat kental. Padahal, tubuh manusia menerapkan sistem ossmosis.

Kenapa Air Liur Tidak Dapat Menghilangkan Rasa Haus?
Kenapa Air Liur Tidak Dapat Menghilangkan Rasa Haus?

Ossmosis sendiri adalah sebuah kondisi yang memungkinkan cairan dengan tingkat konsentrasi lebih kecil akan bergerak mendekat ke cairan lain yang memiliki tingkat konsentrasi lebih tinggi.

Maka dari itu, jika Anda dengan sengaja menelannya, cairan tubuh kita yang lebih encer akan terserap oleh cairan ludah itu. Alhasil, air yang diminum tidak akan membasahi sel-sel tubuh yang membutuhkan, cairan tubuh malah mengarah menuju air ludah tersebut. "Dengan kata lain, air liur tidak cukup berair,"lanjutnya.

Meski Air liur tidak dapat memuaskan rasa haus, namun ia memiliki manfaat yang berguna. Air liur dapat melumasi makanan untuk membuatnya lebih mudah untuk dikunyah dan dicerna. Air liur juga mengandung enzim yang membantu memecah karbohidrat, lemak dan protein. Demikian seperti dikutip dari Live Science, Kamis (8/9/2016).(okezone)


Beri Komentar

0 comments